2.08.2010

Kambing

Pemilihan bibit unggul sangat penting bagi peternak kambing। Bibit unggul kambing yang telah ditemukan antara lain adalah Etawah, Kacang dan peranakan Etawah. Kambing peranakan Etawah merupakan persilangan antara kambing Etawah dan Kacang. Untuk bibit yang bagus dipilih kambing berumur 12-18 bulan dengan bobot badan 10-15 kg.

Kambing peranakan Etawah memiliki potensi produksi susu cukup tinggi. Ciri khas kambing ini adalah bentuk muka cembung, telinga panjang menggantung dengan postur tubuh tinggi, panjang dan agak ramping.
*
Kandang dibuat terpisah dengan tempat tinggal, menghadap ke timur, kondisi kering, selalu tersedia air, dalam bentuk panggung dan lantai bercelah. Agar selalu bersih, alas kandang diganti secara teratur.
*
Untuk kinerja produksi yang baik, pada program perkawinan setiap 8 bulan (3 kali beranak dalam 2 tahun), kambing ini sebaiknya diperah selama 5-6 bulan, dengan masa kering 2-3 bulan।

*
Kebutuhan pakan untuk kambing peranakan Etawah adalah rumput atau ramban segar 4-5 kg/ekor/hari dan pakan konsentrat 0,5-1,0 kg/ekor/hari. Air sebaiknya selalu tersedia.

No comments: